Notification

×

Ads

Ads

Cara Mudah Memperbaiki Handphone Redmi Note 7 Tidak Bisa Hidup Tanpa Di Charge

| 22 Maret WIB
Solusi Handphone tidak mau hidup tanpa di charge
Beritagadgets.com - Solusi tentang permasalahan handphone Xiaomi Redmi Note 7 yang tidak dapat hidup jika tidak sambil di charge ternyata tidak sesulit yang di bayangkan. Bahkan, kita sendiri bisa memperbaikinya asalkan ada beberapa alat/tools yang mendukung. Karena berkaitan dengan bongkar pasang handphone tersebut. 

Alat-alat yang di butuhkan seperti, obeng dengan mata obeng kecil, pinset, solder biasa tidak harus solder uap, alat congkel, boleh juga pick gitar, double tape atau lem di pergunakan untuk lem baterai yang akan di perbaiki/di copot. 

tools

Langkah awal.
Bongkar backdoor/tutup belakang handphone yang akan di perbaiki, caranya dengan memanaskan body pinggir casing tersebut, bisa dengan hair dryer, atau solder uap, sesuaikan kebutuhan saja jangan sampai terlalu panas yang bisa menimbulkan kerusakan komponen maupun body handphone itu sendiri. (Note : casing belakang/backdoor, tidak di baut dan rentan patah karena bahannya kaku dan hanya menggunakan lem sebagai perekatnya).

Congkel pelan menggunakan alat congkel yang telah di persiapkan di awal, (jangan terbuat dari besi ataupun logam karena dapat membuat luka bahkan retak backdoor). Setelah terbuka sedikit, pelan-pelan angkat dan buka pin fleksibel fingerprint jangan sampai putus atau tertekuk. Setelah fleksibel fingerprint lepas, maka akan terlihat baterai Xiaomi redmi note 7 yang bermasalah. Sepintas memang baterai itu sehat, tidak kembung ataupun terbakar, tetapi akar permasalahan handphone Redmi Note 7 tidak bisa hidup jika tidak sambil charger ada pada fuse baterai yang putus. Solusinya bagaimana?

Solusi Redmi Note 7 tidak bisa hidup tanpa di charge ada beberapa solusi. Bisa dengan di ganti dengan baterai yang baru, atau dengan di repair atau perbaiki baterainya. Cara memperbaiki baterai yang fuse atau sekringnya putus dengan mengganti komponen fuse atau dengan tanpa fuse (resikonya baterai tanpa ada fuse). Silahkan cari tahu fungsi fuse/sekering di Google. di sarankan ganti fuse, atau jika tidak mau ribet tinggal beli baterai yang baru, tapi jika ingin berhemat bisa dengan cara di jumper. Tinggal di solder pada sekering yang putus yang terletak pada ujung baterai (seperti pada gambar di bawah ini).

Repair baterai

Setelah semua tahapan di atas selesai, pasang kembali baterai dan jangan lupa soket-soket juga di pasang sesuai tempatnya, lalu pasang casing belakang dengan cara memberi lem khusus casing atau untuk touchscreen juga bisa, biasanya pakai lem T-70000 atau B-80000, sama kegunaannya hanya beda warna saja. Lem T-7000 multi colour sedangkan B-8000 clear atau bening.

Dengan cara tersebut di atas, permasalahan handphone tidak bisa hidup tanpa di charge atau tanpa colok listrik teratasi, tinggal sesuaikan dengan budget, cara mana yang akan di pakai, repair (jumper fuse) yang nyaris tanpa biaya, atau replace ganti baru. Harga baterai Redmi Note 7 di pasaran kisaran 130-250 ribuan. 

Demikian tutorial cara memperbaiki handphone Redmi Note 7 tidak bisa nyala tanpa di charge. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

(Note : Artikel di atas ada kemungkinan tidak sesuai dengan kerusakan semua handphone karena banyak faktor, ada baiknya jika bawa ketempat reparasi atau tempat servis handphone yang ahli, kami tidak bertanggung-jawab jika ada kerusakan yang di akibatkan artikel ini, tutorial ini di tujukan untuk orang-orang yang penasaran dan ingin memperbaiki sendiri)
×
Berita Terbaru Update