Notification

×

Ads

Ads

Cara Back Up Atau Menyimpan Nomor Kontak Handphone Dengan Aman ( Dengan Tutorial Gambar )

| 24 Agustus WIB
Beritagadgets.com - Tips kali ini adalah bagaimana cara menyimpan nomor kontak atau nomor handphone dengan aman dan detil (nama, nomor handphone, alamat email, notes dll) dari handphone kita, untuk semua pengguna jenis handphone apapun. Baik handphone iPhone, Samsung, Nokia (Windows Phone) dan lain-lain. Kenapa sebagai contoh hanya ke-3 handphone tersebut, karena masing-masing sudah mewakili Operating System (OS) yang berbeda. iPhone dengan OS IOS, Samsung mewakili OS Android dan Nokia atau sekarang Windows Phone dengan OS Windows.

Pada dasarnya, hampir semua metode atau cara penyimpanan nomor kontak yang akan di bahas kali ini sama, yang membedakan adalah beberapa menu atau tampilanya yang memang berbeda di tiap-tiap Operating System. Tapi, disini tidak akan di bahas bagaimana cara di masing-masing OS, kita akan bahas secara garis besarnya saja.

Tahap-tahap yang harus dilakukan agar semua kontak di handphone yang kita miliki aman walaupun handphone hilang, rusak atau bahkan kita sedang tidak membawanya. Tetapi kita tetap memerlukan koneksi internet karena penyimpanan nomor kontak kita secara online atau melalui alamat email kita.

1. Tahap Pertama.
Siapkan satu buah alamat email.
Banyak penyedia email gratisan yang dapat kita jadikan media penyimpanan. Goggle ada Gmail, Yahoo ada yahoo mail atau Windows dengan outlook, live.com, ymail dan hotmail. Atau yang ingin mempunyai ekstensi email berbeda dapat menggunakan salah satu produk dari Mail.com. Di Mail.com kita bisa memilih dan menyesuaikan ekstensi email kita, misal namaemail@mail.com atau namaemailemail.com untuk universal, namaemail@bussiness.com, namaemail@myself.compost.com, namaemail@london.com dan masih banyak lagi. Tinggal sesuaikan saja email yang kita inginkan. [ Baca juga : Cara Mudah Copy Semua Kontak Dari BlackBerry ke Sim Card atau Gadget Baru ].

Disini tidak akan di jelaskan bagaimana cara membuat email pada masing-masing penyedia email tersebut, karena sebenarnya sangat mudah dan tinggal ikuti petunjuk yang ada.

Sekarang kita anggap kita sudah memiliki satu account email.
Kita ambil salah satu contoh device dengan OS Android Xiaomi dan pada dasarnya, caranya semua hampir sama.

2. Tahap kedua.
Siapkan handphone yang dapat terkoneksi dengan jaringan data atau internet. Disini kita akan memulai cara membuat, memasukkan atau menambah account email di handphone.

3. Tahap ketiga.
Buka Tools atau Setting > Mail > Add Account > masukkan email kita dan login (ikuti saja petunjuknya > Done/selesai. (Gambar 1-3).

4. Tahap empat.
Kembali ke Setting > Contacts > Import/Export Contacts > Import From Sim Card 1 atau Sim 2 ( pilih kontak mana yang akan di simpan, sim 1 atau sim 2 atau Import from storage jika kontak kita simpan di kartu memori/SD Card), Create contact under account (pilih alamat email yang ingin di jadikan penyimpanan kontak > pilih satu atau beberapa kontak atau bahkan semua kontak dengan cara tahan salah satu nomor kontak maka akan keluar pilihan "select all". (Gambar 4-8).

5. Tahap kelima.
Sentuh tanda import di paling bawah handphone anda. Selesai. (Gambar 8).

6. Tahap keenam.
Jika ingin melihat hasilnya, silahkan buka email dan login/masuk, kemudian klik tulisan Gmail pojok kanan atas tepatnya di bawah tulisan Google jika di account Gmail, jika Outlook, klik tanda kotak-kotak di sebelah tulisan "Outlook.com" > People dan arahkan kursor anda di bawah logo "Yahoo! MAIL", pilih logo kontak (gambar buku ada orangnya).

Inilah tips cara aman menyimpan nomor kontak handphone melalui email dengan detil (nama, nomor handphone, alamat email, notes dll). Sekarang anda tidak perlu khawatir kehilangan nomor telpon walaupun berganti-ganti handphone atau handphone hilang bahkan tidak membawa handphone. Jika ada yang belum mengerti atau masih bingung dengan tutorial ini, silahkan kirim pertanyaan anda di kolom "kontak" letaknya di atas website ini. Semoga bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update