Notification

×

Ads

Ads

Netbook di Awal 2010 Penjualanya Mengalami Penurunan Drastis

| 04 April WIB
Berita Gadget - Menurut informasi dari IDC, pertumbuhan netbook telah turun secara drastis dalam beberapa bulan awal tahun 2010 ini. Pengiriman netbook tetap naik 33,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 4,8 juta unit, namun peningkatan ini sangat jauh berkurang dibandingkan kenaikan sebesar 872% yang terjadi setahun sebelumnya.

IDC percaya bahwa kebanyakan orang tertarik pada kategori ini hanya karena harganya, yang saat ini telah turun dari sekitar 500 dolar di awal kemunculan netbook menjadi sekitar 300 dolar saja di saat ini.
Belum ada berita terbaru dari para vendor, namun saat ini telah ada bocoran bahwa beberapa perusahaan besar telah bersiap menarik diri dari pasar ini seperti HP dan Dell yang dikabarkan akan meninggalkan pasar netbook 10 inci dan mengarah ke model layar yang lebih besar. Beberapa pembuat layar dari Korea dan Taiwan, seperti AU Optronics dan LG Display dikabarkan juga telah menghitung ulang produksi layar LCD untuk netbook ini karena perkiraan penjualan yang menurun baik di lokal Asia maupun Amerika.

Penurunan ini diperkirakan karena pasaran telah jenuh karena spesifikasi netbook tidak banyak berubah dari produk awalnya dengan layar 10 inci, prosesor Atom, RAM 1GB, dan hardisk. Beberapa orang juga memperikrakan penurunan ini terjadi karena orang masih menunggu kehadiran iPad yang diluncurkan hari ini di Amerika Serikat serta produk-produk tablet yang memakai layar sentuh dengan harga yang tidak berbeda jauh.
Source : kassa9
×
Berita Terbaru Update